Selasa, 24 September 2013

TUMBUHAN YANG HIDUP DI SEKITAR PANTAI

Tumbuhan Yang Hidup Di Sekitar Pantai

Kelapa
Kelapa
Kelapa (Cocos nucifera)
Aman
Kerajaan:
(tidak termasuk)
(tidak termasuk)
Ordo:
Famili:
Upafamili:
Bangsa:
Genus:
Cocos
Spesies:
C. nucifera
Cocos nucifera
Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.
Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.


Ketapang
Ketapang
Ketapang, Terminalia catappa
menurut F.M. Blanco, Flora de Filipinas
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
T. catappa
Terminalia catappa
Terminalia moluccana Lamk.
Terminalia procera 
Roxb.
Terminalia latifolia 
Blanconon Swartz


Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nama sejenis pohon tepi pantai yang rindang. Lekas tumbuh dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nama ketapang dengan pelbagai variasi dialeknya (misalnya Bat.hatapangNiaskatafaMink.katapiĕngTeupahlahapang
Tim.ketapasBug.atapang; dll.), pohon ini juga memiliki banyak sebutan seperti talisei, tarisei, salrisé (Sulut); tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); dan sebagainya.
Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama-nama Bengal almondIndian almondMalabar almondSingapore almondTropical almondSea almondBeach almondTalisay treeUmbrella tree, dan lain-lain.


Bakau
Rhizophora
Pohon bakau, Rhizophora racemosa.
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Rhizophora
Spesies
Rhizophora apiculata
Rhizophora mangle
Rhizophora mucronata
Rhizophora racemosa
Rhizophora stylosa


Bakau adalah nama sekelompok tumbuhan dari marga Rhizophora, suku Rhizophoraceae. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang yang besar dan berkayu, pucuk yang tertutup daun penumpu yang meruncing, serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon (vivipar). Pohon bakau juga memiliki banyak nama lain seperti tancangtanjang (Jw.); tinjang (Md.); bangko (Bugis); kawoka (Timor), wakojangkar dan lain-lain.


Casuarinaceae
Casuarinaceae
Casuarina (Casuarina equisetifolia)
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Casuarinaceae
R.Br. dalam Flinders


Suku cemara-cemaraan atau Casuarinaceae meliputi sekitar 70 jenis tetumbuhan. Sebagian besar suku ini terdapat di Belahan Bumi Selatan, terutama di wilayah tropis Dunia Lama, termasuk Indo-Malaysia, Australia, dan Kepulauan Pasifik.
Cemara sendiri merupakan tetumbuhan hijau abadi yang sepintas lalu dapat disangka sebagai tusam karena rantingnya yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil. Namun kenyataannya pepohonan ini bukan termasuk Gymnospermae, sehingga mempunyai bunga, baik jantan maupun betina. Bunga betinanya nampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan.

Casuarina equisetifolia
Casuarina equisetifolia adalah jenis cemara yang sesuai untuk dijadikan bonsai. Cemara ini dinamakan juga "cemara udang". Pohon cemara udang dapat ditemukan disepanjang Pantai Lombang dan Pantai Slopeng kurang lebih jarak tempuh dari pusat Kota Sumenep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar